Sunday, July 26, 2009

Perlengkapan Perang Super Lengkap? Must Have..

Tulisan ini saya ambil dari blognya Ilna
Bagaimana rasanya jika kamu diajak berperang tapi tidak dibekali senjata ? apa yang ada dipikiran kamu ? kamu pasti mikir bahwa kamu bakalan kalah nih. Itu pikiran yang logis, karena berdoa saja tidak cukup. Nah, bagaimana rasanya ketika kamu diajak berperang dan langsung dibekali dengan seperangkat senjata super canggih dan diberitau bahwa lawan2 kamu pasti bakalan jiper liat peralatan yang kamu punya ? saya yakin belum apa2 saja kamu pasti sudah merasa (yakin) menang.
Berjuang di MLM layaknya berjuang di medan perang. Akan ada banyak orang yang serupa dengan kita, yang sama2 berniat mencaplok kue yang sama, tapi tentunya dengan caranya mereka sendiri. Apa jadinya kalau kamu ada pada kondisi pertama ?. Untungnya kita di BOSS Family tidak akan pernah ada dalam kondisi seperti itu, karena peralatan perang kita LENGKAP, bahkan SUPER LENGKAP dan CANGGIH.
Flyer BOSS Family Ide brilliant dari ibu Diamond Director untuk memfasilitasi kita2 agar lebih macho dan elegan ketika berhadapan dengan banyak orang. Flyer berukuran A3 ini berisi hal2 yang ringan yang berisi informasi sederhana (namun nendang abeessss) ttg bagaimana menyenangkannya kami menjalankan Oriflame di BOSS Family. Bukti2 kesuksesan terpampang disana, mulai dari group mahasiswa berpenghasilan 4-7 jutaan, kelompok pria yang sedang asik menapaki sukses, kelompok ibu rumah tangga yang sudah lupa dengan kerjaan kantor saking hepi nya Oriflame-an (aku disini niiiih) dan juga kelompok para karyawan kantoran yang punya double income dari bonus Oriflame-nya. Belum lagi paparan mengenai penghargaan2 yang bisa dicapai. Ini mempermudah kami para konsultan untuk mengenalkan bisnis ini namun beum memiliki cukup waktu untuk menerangkan secara detil. Saya buktikan hari ini.
Pagi tadi saat saya menunggu angkot di halte Gunadarma, duduk seorang wanita muda yang memperhatikan bawaan saya dan menyapa dengan senyumnya. Cuman senyum doang, ya gue bales senyum lagi. Ngobrol bentar basa basi nanya nomer angkutan tujuannya, akhirnya gue keluarin flyer sakti itu “mbak, aku sebenernya pengen banget ngobrol lama sama mbak, tapi sayangnya angkot saya keknya bentar lagi dateng, aku titip ini aja ya mbak buat mbak baca2, ini namaku, ini blogku dan no telponku, kali2 mbak iseng2 buka internet bisa baca2 bisnisku, bisnisku Orifame mbak, mbak pasti kenal” dan dia menerima dengan sumringah demi melihat tampilan flyer yang menarik itu. Akhirnya kami pun berpisah. Tepat ketika gue harus berganti angkutan menuju Kalimalang pukul 12 siang, si mbak tersebut sms “mbak, menarik juga keknya bisnisnya, barusan aku buka internet baca2 blog mbak, aku mau tau lebih lanjut dong mbak”. Huiiiihh dahsyat !!!.
Saya hanya butuh waktu tidak lebih dari 3 menit untuk memperkenalkan bisnis ini. Bisa disambi sambil nunggu bis, atau nunggu makanan di resto. Lah kalo gue ngandelinnya cuman laptop doang misalnya, masak gue buka laptop di halte ? gak mungkin banget lah. Ya oke lah gue punya BB, tapi kan gak semua orang punya BB, gak semua orang punya laptop, gak semua orang konek ke internet. Enak kan pegang flyer sambil kipas2 pake flyer trus kipasnya dikasih ke orang lain. Sejukkk .. penuh uang tuh kipas, huehehehe.
Sasaran : Offline target yang lagi nunggu di halte, di musholla, di resto, di rumah sakit, ibu2 yang lagi asik belanja sayur depan rumah, semua yang ditemui di dunia nyata deh
Web replika, web, blog, milis Nah kalo ini sarana onlen deh. Sejak gue melek internet tahun 1996, gue udah join MLM yang menggunakan system web replika kek gini, jadi ini bukan hal baru lah buat gue, dan juga bukan pertama kalinya di dunia. Mulai dari MLM suplemen sampek MLM pembalut punya kek gini, bahkan tahun 2005 saat jaman dulu banget gue Oriflame-an, udah ada tuh web replika yang dibikin oleh Oriflame, malah kalo menurut gue sih mayan canggih saat itu karena semacam mirror dari www.oriflame.co.id gitu, sayang aja dulu gue kurang maksimal menggunakannya. Naaaah ternyata di BOSS Family ada juga kok web replika. Kita bisa gunakan ini sebagai sarana merekrut dan pastinya bisa menjangkau belahan dunia manapun tanpa batas. Web ini sebagai pemberitahuan “gue Oriflame-an loooh” gitu dan suruh mereka buka untuk tau detil.
Tapi web replika saja menurut gue kurang nendang ya, karena itu kan web sejuta konsultan, artinya semua konsultan yang ada disitu ya sama2 aja tampilannya, gitu2 aja, so gue tambahin dengan blogging. Disini gue lebih bebas berekspresi, bisa cerita apa aja. Apa2 yang tidak ada di web replika bisa gue share disini. Terbukti hits nya pun jauh lebih besar dan menggugah banyak orang, Alhamdulillah.
Tapi tentunya organisasi BOSS Family tidak tinggal diam, sebagai sebuah organisasi yang hidup di jaman sekarang, masak iya sih gak punya web, ya pasti punya laaaah. Disini tempat kami narsis dan memberitahukan apa2 saja yang terbaru di organisasi kami, apa yang sedang kami lakukan dan milestone2 apa yang sudah kami peroleh.
Kirim email satu2 ? udah gak jaman lah, bikin milis aja deh, lebih simple pastinya. Kami semua di BOSS Family difasilitasi dengan mailing list tempat kami menimba motivasi, sharing, memberikan kekuatan kepada semua member. Hebatnya disini adalah semua orang berhak bicara, mulai dari yang baru join sampek Diamond Director. Hebatnya lagi, disini mereka ngeluh dan semua keluhan tuntas diselesaikan disitu, gak perlu pindah2 room, disini gak ada pertanyaan ecek2 semacam “produk enigma udah ada belum sih ?” yah kalo itu mah cek aja sendiri ke kantor cabang kali. Disini lebih kepada merecharge semangat secara online. Gahar2 yang sharing, kepleset dikit langsung di tarik lagi keatas, supaya kita bisa melaju bareng2.
Sasaran : Online target, yang punya BB, yang punya fesbuk, frenster, pekerja kantoran yang lebih banyak mantengin milis daripada bekerja :p, anak kuliahan yang maen ke warnet sambil nunggu jam kuliah, semua yang ada di dunia maya deh
Training, BOP (BOSS Oriflame Presentation), One to One, Home Sharing Sungguh heran kalo ada orang yang merasa berat untuk datang ke training, datang ke kelas. Tidak ada kewajiban, tentunya, yang ada adalah ANJURAN, bahwa kalau mau pintar ya silahkan datang ke training, kalo mau diduplikasi dengan baik ya silahkan sering2 setor mula. Online saja tidak cukup, sepinter2nya online pasti kita tetep aja tanya2, dan biasanya pertanyaan dari seseorang yang online datang berulang kali untuk pertanyaan yang sama, ketimbang bilamana mereka diterangkan secara offline, selain itu bisnis MLM itu butuh SOSOK. Kalo sosoknya ngumpeeet mulu, gimana bisa diduplikasi dengan baik.
Bisnis MLM adalah Bisis Memenej Orang. People Management. Disini tidak hanya kita harus make sure bahwa orang yang kita ajak bisnis MENGERTI tentang system, tapi kita juga mempelajari karakter orang. Bicara karakter, tidak bisa didapat dari online saja. Lah itu buktinya banyak temen2 gue yang ketepu sama penampakan online lawan jenisnya, pas ceting kesannya keren banget, pas ketemu ancur lebur, huehuehuehuehue. Berbisnis lewat online banyak orang merasa diuntungkan, tapi tidak mengobati permasalahan dasar orang tersebut. Permasalahan dasar orang online adalah : WAKTU. Mereka tidak bisa keluar rumah. Padahal diluar rumah banyak sekali orang2 yang tidak online. So, bagaimana membuat mereka tau bahwa kita Oriflame-an ? apa kita harus paksa mereka untuk buka internet ? kan gak bisa gitu toh. Hot Button tiap orang kan beda2. Naaaah kalau kita punya 2 amunisi (online-offline) tentunya lebih baik tho ?. Ketika mereka merasa hanya bisa online, namun banyak upline dan team di BOSS Family yang bersedia meluangkan waktu untuk membantu memprospek mereka yang offline. Seseorang mem-buzz saya suatu hari dan berkata begini “mbak, aku gak bisa offline loh, aku cuma bisa online”. Aku jawab “ya silahkan kamu jalankan online, kekurangan kamu kan di offline, nah upline yang bantu menutupi kekurangan kamu itu karena upline bisa offline, apa pernah kamu berpikir bagaimana merekrut tukang beras langganan kamu itu sementara kamu tau dia potensial untuk jadi diamond tapi kamu gak bisa rekrut dia hanya karena dia gak online ? jangan batasi ruang gerak kamu”. Alhamdulillah sih ybs sekarang ini udah 9% dalam 1 bulan. Horeeeee.
Lewat One to One talk, 95% yang saya temui bersedia untuk join Oriflame. 70% dari mereka bersedia datang ke training, dan 90% orang yang datang ke training pasti melesat di bisnis ini. Prosentase keberhasilannya jauh lebih besar karena kita menerima feedback perilaku mereka secara langsung, melihat sendiri bagaimana gesture mereka, dan langsung memberikan solusi saat itu juga. Tidak semua orang bisa diaplikasikan solusi yang sama, again, kita harus mengenal hot button setiap orang, tapi tetap harus bekerja sesuai dengan koridor system yang ada.
Sasaran : semua orang yang mau melesat, baik yang hidup di dunia maya maupun dunia nyata yang pengen pegang duit SECARA NYATA, emangnya mau pegang duit plastic doang ? kan beli di pasar tradisional gak bisa gesek, bo.
Jangan batasi ruang gerak kamu Dan saya orang yang tepat untuk membuat leluasa ruang gerak kamu yang saat ini masih terbatas. Saya bikin legaaaaaaa deh. Jangan sungkan buzz, ping, phone, sms or email me. Anytime.

No comments:

Post a Comment