Friday, March 19, 2010

..BAKAT..

Kata ini lagi nongkrooong terus di dalem kepala. Jadi suka senyum2 sendiri. Apa pasal? Begini..ternyata niy..masih banyak orang yang menganggap BAKAT adalah faktor penentu keberhasilan di bisnis luarbiasa Oriflame ini. Beberapa kali aku temuin orang2 menolak dengan bilang gini.."Pingin siiy..tapi aku ga ikutan dlu deh yaa..soalnya ga bakat sih.." atau "dulu pernah siy ikutan..tapi ga dapet apa2 tuh..karena aku kan ga bakat..ga kayak kamu" Kadang aku sedikit becandain mereka. "Ga diperluin bakat kok..aku kan ga ngajakin jadi penyanyi.." hehehehe.. Untuk jadi penyanyi..emang dibutuhkan bakat doong. Mau jadi pelukis..ya harus punya bakat juga. Untuk jadi pemain sinetron, ya harus adalaaaah bakat actingnya. Aku kadang suka kasian sama teman2 yang suka merendahkan dirinya sendiri. Aku ga bakat begini..ga bakat begitu..ga bisa begini..ga bisa begitu. Seandainya mereka sadar yaa.. bahwa Allah itu menciptakan manusia dengan potensi yang sama. Tinggal bagaimana manusia mengarahkan dirinya. Aku termasuk orang yang bisa mengarahkan diriku. Karena memang aku mau. Bakat menyanyi? Alhamdulillah aku punya *pan dulu penyanyi*. Bakat menggambar? Ada banget..dari yang melukis, fashion design, menghias2 tulisan.. Bakat menari? Weleehh.. I felt like I was born as a dancer..hihihi..secara dulu waktu di SMA 70 tercinta *sewaktu badan ini masih terasa ringan* aku adalah koregrafer dan tim inti untuk PKC (Persada Karya Cipta--ekskul tarian modern dan cheerleader) dan menyumbangkan banyak sekali piala2 kejuaraan di kompetisi modern dance dan cheerleader. 90%nya juara I. Mmmm..seni mengaji? Alhamdulillah bisa juga..dulu waktu SMA sempat disuruh jadi qori'ah untuk suatu perlombaan..tp ga jadi.. Bakat apalagikah? Olahraga? It's in me juga..lompat jauh, volley, basket, aerobic... Dan..sejauh yang aku rasakan..aku yang mengarahkan diriku untuk mempunyai bakat itu. Dan faktor penentu dalam keberhasilan kita didalam hidup (pd umumnya) atau di Oriflame (pd khususnya) adalah KEMAUAN. Apakah kita mau mengarahkan diri kita? Apakah kita mau meningkatkan kualitas hidup kita? Apakah kita mau..apakah kita mau..apakah kita mau?? Ada sedikit ilustrasi..baru aja kejadian malam ini.. Salah satu gigi susunya kakak Melvyn goyang lagi. Dan..seperti biasa..siapa lagi yang harus mencabut giginya kalau bukan mamanya.. :)) Emang udah goyang sih..tapi belum terlalu banget. Dan si kakak tetep maksa untuk dicabut malam ini juga. "Ga enak rasanya ma.." Coba bayangkan..kalau saat itu aku jawab.."tunggu besok deh nak..mama bikin janji dulu sama dokter gigi yaaa" atau.."mama ga bisa nak..takut darah.." atau "mama ga bisa nak..jadi kamu tahan aja dulu yaaa" atau respon lebay "mama ga bisa nak..ga bakat siihh" pasti si kakak kecewa..daaannn...akan ngocehin itu teruuuusss ga ada putusnya.. :)) Tapi...karena aku ga mau anakku berada didalam situasi yang ga enak, karena aku ga tega dengerin keluhan anakku.. Aku arahkan diriku untuk bisa memenuhi permintaannya. Dipikiranku..ibuku zaman dulu aku kecil aja bisa..berarti aku juga bisa dong. Yaaahh...sebetulnya sih ini bukan gigi pertamanya kakak yang aku cabut siy..ini gigi ke8 sebenarnya :) Karena aku udah ada role model di dalam kepala yang udah terbukti bisa melakukannya..dan karena aku MAU memberikan kenyamanan kepada si kakak, maka..aku ARAHKAN diriku untuk menjadi dokter gigi otodidak untuk dia. Sulit? Ya tentu sulit. Mencabut gigi dengan menggunakan 2 jari bukan perkara yang mudah. Ada kesulitannya dong. Ga cuman kita goyang2 terus kita cabut..dan itu gigi lepas. Ga gitu. Itu gigi pake bertahan dulu. Ada kali 30menit aku berusaha untuk mencabut gigi si kakak. Berhasilkah? Alhamdulillah berhasil (lagi). Karena segala sesuatu usaha yang kita kerjakan dengan kemauan, tekad yang bulat dan sungguh2..udah pasti ada hasilnya. Ini hasilnya...

Hasilnya..si kakak stop mengeluh atas rasa ga enak krn gigi goyang.. Pergi tidur dalam keadaan tenang..dan memberikanku ciuman hangat sambil bilang "good night mom..and thank you" sebelum dia ke kamarnya. Indahnya dunia...

Dapet poinnya kan ya??

Kita bisa menjadi apapun yang kita inginkan. Asalkan kita MAU. Itu aja kok. Kalau kita udah ada kemauan, yang namanya semangat akan naik, melihat segala permasalahan menjadi sebuah tantangan yang harus kita taklukkan..

Jadi..mulailah berhenti merendahkan diri sendiri dengan selalu mengatakan "aku ga bisa ini..ga bakat begitu..ga akan bisa begini..dll" Jangan kejam sama diri sendiri. Allah aja sayang sama kita..masa kita ga sayang sama diri sendiri..

Jadi sekali lagi..bukan BAKAT yang menentukan besarnya kita di bisnis Oriflame ini..tapi kemauan. Seberapa besar kemauan kita untuk mengubah hidup..untuk meraih kesejahteraan dan kemapanan..untuk memberikan yang terbaik bagi keluarga kita..itulah yang menentukan!!!

*Aku yang sedang senang karena punya bakat baru menjadi dokter gigi*

No comments:

Post a Comment